Kamis, 05 November 2020

Poskamling RT 3 Babelan

Poskamling RT 3 BabelanRonda atau patroli di sekitar lingkungan tempat tinggal merupakan bagian dari kegiatan Sistem Keamanan Lingkungan (“Siskamling”). siskamling adalah suatu kesatuan yang meliputi komponen-komponen yang saling bergantung dan berhubungan serta saling mempengaruhi, yang menghasilkan daya kemampuan untuk digunakan sebagai salah satu upaya untuk memenuhi tuntutan kebutuhan akan kondisi keamanan dan ketertiban di lingkungan.

Siskamling diselenggarakan dengan tujuan:
  1. menciptakan situasi dan kondisi yang aman, tertib, dan tentram di lingkungan masing- masing;
  2. terwujudnya kesadaran warga masyarakat di lingkungannya dalam penanggulangan terhadap setiap kemungkinan timbulnya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (“kamtibmas”).
Siskamling ini dibentuk berdasarkan kesepakatan dalam musyawarah warga, dengan berasaskan semangat budaya kekeluargaan, gotong royong, dan swakarsa.
Adapun fungsi siskamling adalah sebagai:
  1. sarana warga masyarakat dalam memenuhi kebutuhan rasa aman di lingkungannya;
  2. menanggulangi ancaman dan gangguan terhadap lingkungannya dengan upaya:
  1. pre-emptif, merupakan upaya-upaya penanggulangan terhadap fenomena dan situasi yang dapat dikategorikan sebagai faktor korelatif kriminogen, dengan cara mencermati setiap gejala awal dan menemukan simpul penyebabnya yang bersifat laten potensial pada sumbernya; dan
  2. preventif, merupakan segala usaha guna mencegah/mengatasi secara terbatas timbulnya ancaman/gangguan keamanan dan ketertiban khususnya di lingkungan masing-masing melalui kegiatan-kegiatan pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroli atau perondaan, serta kegiatan lain yang disesuaikan dengan kebutuhan sehingga tercipta suatu lingkungan yang aman, tertib, dan teratur.

Pos Ronda Bambu - dalam hal keamanan dan kenyamanan lingkungan yang dimaksud juga adalah dengan adanya pos ronda kegiatan saling mengawasi bisa saling terlihat dan terisi terutama kalangan warga bisa mengenal warganya senidiri khususnya jika ada orang lain masuk dalam lingkungan rt. kami selaku pengurus selalu berupaya menyaga kenyamanan tersebut, namun dari itu semua para warga juga dihimbau untuk berpatisipasi dan lebih hati-hati menaruh barang ataupun kendaraan yang ada dirumah masing-masing, karena kelihangan terbesar adalah kelalaian manusianya sendiri.

Pembangunan Poskamling - mungkin sebagain besar setiap rukun tangga dan rukun warga sudah mempunya sarana pos kamling, begitupun warga rt 03 perum puri gardenia sebagai sarana dan prasarana warga dalam membentuk komunikasi dan keamanan, dimana kami selaku pengurus juga membudayakan membaca karena meletakan papan informasi RT disebelah pos tersebut agar informasi di sebagian warga yang tidak mengikuti pertemuan bulanan dapat mengetahuinya.

salam pengurus rt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar